Rabu, 14 Desember 2016

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian PAUD Sentra Persiapan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN

Sentra / Area                        : Persiapan                          
Tema / Sub Tema               : Tanaman / Buah / Jambu
Hari / Tanggal                      : Senin / 24 – 10 – 2016    
Semester / Minggu             : I / 4
Kelompok Usia                   : 3 – 4 tahun

Tujuan
·         1.1       Mempercayai adanya Tuhan melalui CiptaanNya.
·         3.1       Mengenal kegiatan beribadah sehari – hari.
·         4.1       Melakukan kegiatan beribadah sehari – hari dengan tuntunan orang dewasa.
·         3.3      Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus.
·         4.3      Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus.
·         3.8      Mengenal lingkungan alam ( hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu, dll ).
·         4.8      Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu – batuan, dll) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh.
·         2.6      Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari – hari untuk melatih kedisiplinan.
·         2.13    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik, dan teman.
·         3.15    Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni.
·         4.15    Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media.

Materi Kegiatan
·         Tanaman Ciptaan Tuhan.
·         Koordinasi tangan dan mata untuk menggunting, menempel, mewarna.
·         Lagu “Pepaya, Mangga, Pisang, Jambu”

Materi yang masuk dalam pembiasaan
·         Bersyukur sebagai Ciptaan Tuhan
·         Mengucap salam dan sapa masuk dalam SOP Penyambutan dan SOP Penjemputan
·         Doa sebelum belajar, bernyanyi, dan bermain tepuk masuk dalam SOP Pembukaan
·          Mencuci tangan, makan, dan minum masuk SOP Makan Bersama
·         Bernyanyi, bermain tepuk, doa sebelum pulang masuk SOP Penutup

Alat dan Bahan :
1.    Kaset, DVD, Speaker untuk kegiatan Fisik.
2.    Gunting, Kertas Koran, Kertas Origami untuk kegiatan menggunting kertas.
3.    Guntingan kertas warna warni, lem, dan gambar buah jambu untuk kegiatan kolase.
4.    Gambar buah jambu, crayon untuk kegiatan mewarna.
5.    Buku kotak besar, pensil, penghapus untuk kegiatan menirukan angka
 
A.   KEGIATAN FISIK (07.30 – 07.45)
1.    Senam

B.   PEMBUKAAN (07.45 – 08. 15)
1.    Penerapan SOP Pembukaan
2.    Mengenalkan aturan bermain
3.    Berdiskusi tentang bentuk, warna, rasa, dan vitamin buah jambu
4.    Berdiskusi tentang kegiatan yang akan dilakukan dan mempersilakan anak memilih kegiatan yang diminati

C.   INTI (08.15 – 09.15 )
1.    Anak mengamati :
Gambar buah JAMBU
2.    Anak menanya :
 Diskusi tentang warna, bentuk, rasa, dan vitamin buah Jambu
3.    Anak mengumpulkan informasi :
Guru memberi dukungan dengan cara menyiapkan gambar jambu
4.    Anak menalar :
Anak dapat mengetahui bentuk, warna, rasa, dan vitamin buah Jambu
5.    Anak mengkomunikasikan :
Kegiatan 1    : menggunting kertas koran dan kertas origami
Kegiatan 2    : kolase gambar jambu
Kegiatan 3    : mewarnai gambar jambu
Kegiatan 4    : menirukan angka

Recalling
1.    Menanyakan kegiatan apa saja yang dimainkan anak
2.    Menguatkan konsep tentang bentuk, warna, rasa dan vitamin buah jambu

D.   PENUTUP (09.15 – 10.00)
1.    Penerapan SOP Makan Bersama
2.    Menanyakan perasaan anak selama hari ini
3.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang dimainkan, mainan apa yang paling disukai
4.    Bercerita pendek berisi pesan pesan
5.    Menginformasikan kegiatan untuk esok hari di sentra balok yaitu membuat kebun dari balok, bermain balok buah buahan, membuat toko buah buahan dari balok, membuat jambu dari playdough
6.    Memberikan tugas kepada anak untuk bertanya kepada orang tua macam macam jambu (jambu biji, jambu air, jambu mede)
7.    Penerapan SOP Penutup

E.   RENCANA PENILAIAN
1.    Indikator Penilaian
Program
Pengembangan
KD
Indikator
Nilai Agama dan Moral
·      1.1

·      3.1 4.1
·   Anak mengetahui bahwa Tanaman Ciptaan Tuhan
·   Anak dapat menirukan doa sebelum dan sesudah makan
Fisik Motorik
·      3.3 4.3


·   Anak dapat mengkoordinasi tangan dan mata untuk menggunting, mewarna, menempel
Kognitif
·      3.8 4.8
·   Anak dapat mengetahui macam macam buah
Sosial Emosional
·      2.6

·   Anak senang mengikuti aturan
Bahasa
·      2.13
·   Anak terbiasa berbicara santun
Seni
·      3.15 4.15
·   Lagu “Pepaya, Mangga, Pisang, Jambu”

Mengetahui
Kepala PAUD



............................

Pendidik



................................
          








2 komentar:

  1. APAKAH SAYA BISA MEMINTA FILE MELALUI EMAIL RPPH TEMA TANAMAN SENTRA PERSIAPAN, BAHAN ALAM, BALOK DAN SENI ??

    BalasHapus
  2. Utk rpph nya bagus saya bisa mengambil beberapa item yg saya perlukan terima kasih ya bunda

    BalasHapus