Rabu, 14 Desember 2016

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian PAUD Sentra Peran



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN

Sentra / Area                        : Peran                      
Tema / Sub Tema               : Tanaman / Buah / Pisang
Hari / Tanggal                      : Kamis / 27 – 11 – 2016   
Semester / Minggu             : I / 4
Kelompok Usia                   : 4 – 5 tahun

Tujuan
·         1.1       Mempercayai adanya Tuhan melalui CiptaanNya.
·         3.1       Mengenal kegiatan beribadah sehari – hari.
·         4.1       Melakukan kegiatan beribadah sehari – hari dengan tuntunan orang dewasa.
·         3.3      Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus.
·         4.3      Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus.
·         3.8      Mengenal lingkungan alam ( hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu, dll ).
·         4.8      Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu – batuan, dll) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh.
·         2.6      Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari – hari untuk melatih kedisiplinan.
·         2.13    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik, dan teman.
·         3.15    Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni.
·         4.15    Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media.

Materi Kegiatan
·         Tanaman Ciptaan Tuhan.
·         Koordinasi tangan dan mata untuk mengupas, memotong, menuang, mengaduk, menjapit.
·         Lagu “Pepaya, Mangga, Pisang, Jambu”

Materi yang masuk dalam pembiasaan
·         Bersyukur sebagai Ciptaan Tuhan
·         Mengucap salam dan sapa masuk dalam SOP Penyambutan dan SOP Penjemputan
·         Doa sebelum belajar, bernyanyi, dan bermain tepuk masuk dalam SOP Pembukaan
·          Mencuci tangan, makan, dan minum masuk SOP Makan Bersama
·         Bernyanyi, bermain tepuk, doa sebelum pulang masuk SOP Penutup

Alat dan Bahan :
1.    Tali dan kursi untuk kegiatan Fisik.
2.    Pisang, Piring, Tempat Sampah untuk kegiatan mengupas pisang
3.    Pisang, Pisau Kue, Piring untuk kegiatan memotong pisang
4.    Air mineral dan gelas untuk kegiatan menakar air untuk adonan
5.    Tepung terigu, garam, gula, air, baskom, sendok untuk kegiatan mengaduk adonan
6.    Penjapit kue, piring, pisang goreng yang sudah matang untuk kegiatan menjepit dengan jepitan kue

A.   KEGIATAN FISIK (07.30 – 07.45)
1.    Lompat Tali
 
B.   PEMBUKAAN (07.45 – 08. 15)
1.    Penerapan SOP Pembukaan
2.    Mengenalkan aturan bermain
3.    Berdiskusi tentang warna, rasa buah pisang, manfaat buah pisang untuk pencernaan
4.    Berdiskusi tentang manfaat buah pisang untuk dijadikan makanan sederhana
5.    Berdiskusi tentang kegiatan yang akan dilakukan dan mempersilakan anak memilih kegiatan yang diminati

C.   INTI (08.15 – 09.15 )
1.    Anak mengamati :
Buah Pisang
2.    Anak menanya :
Diskusi tentang warna, rasa buah pisang, manfaat buah pisang untuk pencernaan
 Diskusi tentang manfaat buah pisang untuk dijadikan makanan sederhana
3.    Anak mengumpulkan informasi :
Guru memberi dukungan dengan cara menyiapkan buah pisang
1.    Anak menalar :
Anak dapat mengetahui warna, rasa buah pisang, manfaat buah pisang untuk pencernaan, dan manfaat buah pisang untuk dijadikan makanan sederhana
2.    Anak mengkomunikasikan :
Kegiatan 1    : mengupas pisang
Kegiatan 2    : memotong buah dengan pisau kue
Kegiatan 3    : menakar air ke dalam gelas untuk adonan
Kegiatan  4   : mengaduk adonan
Kegiatan 5    : menjepit dengan jepitan kue

Recalling
1.    Menanyakan kegiatan apa saja yang dimainkan anak
2.    Menguatkan konsep tentang warna, rasa buah pisang, manfaat buah pisang untuk pencernaan
3.    Menguatkan konsep tentang manfaat buah pisang untuk dijadikan makanan sederhana

D.   PENUTUP (09.15 – 10.00)
1.    Penerapan SOP Makan Bersama
2.    Menanyakan perasaan anak selama hari ini
3.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang dimainkan, mainan apa yang paling disukai
4.    Bercerita pendek berisi pesan pesan
5.    Menginformasikan kegiatan untuk esok hari di sentra agama yaitu berwudhu, sholat dhuha, melafalkan doa sehari hari (sebelum makan, sesudah makan, sebelum tidur, bangun tidur) dan surat alikhlas, bermain ABACA hijaiyah
6.    Memberikan tugas kepada anak untuk bertanya kepada orang tentang bagian dari pohon pisang
7.    Penerapan SOP Penutup

E.   RENCANA PENILAIAN
1.    Indikator Penilaian
Program
Pengembangan
KD
Indikator
Nilai Agama dan Moral
·      1.1

·      3.1 4.1
·   Anak mampu mengetahui bahwa Tanaman Ciptaan Tuhan
·   Anak mampu berdoa sebelum dan sesudah makan
Fisik Motorik
·      3.3 4.3


·   Anak mampu mengkoordinasi tangan dan mata untuk mengupas, memotong buah pisang, menakar air, mengaduk, dan menjapit
Kognitif
·      3.8 4.8
·   Anak mampu mengetahui macam macam buah
Sosial Emosional
·      2.6

·   Anak senang mengikuti aturan
Bahasa
·      2.13
·   Anak terbiasa berbicara santun
Seni
·      3.15 4.15
·   Lagu “Pepaya, Mangga, Pisang, Jambu”

Mengetahui
Kepala PAUD



.................

Pendidik



.........................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar