RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
Sentra
/ Area : Peran
Tema
/ Sub
Tema : Tanaman / Buah /
Pisang
Hari
/ Tanggal : Kamis / 27
– 11 – 2016
Semester
/ Minggu : I / 4
Kelompok
Usia : 4 – 5 tahun
Tujuan
·
1.1 Mempercayai
adanya Tuhan melalui CiptaanNya.
·
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari – hari.
·
4.1 Melakukan
kegiatan beribadah sehari – hari dengan tuntunan orang dewasa.
·
3.3 Mengenal
anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan
motorik halus.
·
4.3 Menggunakan
anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus.
·
3.8 Mengenal
lingkungan alam ( hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu, dll ).
·
4.8 Menyajikan
berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca,
tanah, air, batu – batuan, dll) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan
gerak tubuh.
·
2.6 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari – hari untuk
melatih kedisiplinan.
·
2.13 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua,
pendidik, dan teman.
·
3.15 Mengenal
berbagai karya dan aktivitas seni.
·
4.15 Menunjukkan
karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media.
Materi Kegiatan
·
Tanaman Ciptaan Tuhan.
·
Koordinasi tangan dan mata untuk mengupas,
memotong, menuang, mengaduk, menjapit.
·
Lagu “Pepaya, Mangga, Pisang, Jambu”
Materi yang masuk dalam
pembiasaan
·
Bersyukur sebagai Ciptaan Tuhan
·
Mengucap salam dan sapa masuk dalam SOP
Penyambutan dan SOP Penjemputan
·
Doa sebelum belajar, bernyanyi, dan bermain
tepuk masuk dalam SOP Pembukaan
·
Mencuci tangan, makan, dan minum masuk SOP
Makan Bersama
·
Bernyanyi, bermain tepuk, doa sebelum pulang
masuk SOP Penutup
Alat dan Bahan :
1. Tali
dan kursi untuk kegiatan Fisik.
2. Pisang,
Piring, Tempat Sampah untuk kegiatan mengupas pisang
3. Pisang,
Pisau Kue, Piring untuk kegiatan memotong pisang
4. Air
mineral dan gelas untuk kegiatan menakar air untuk adonan
5. Tepung
terigu, garam, gula, air, baskom, sendok untuk kegiatan mengaduk adonan
6. Penjapit
kue, piring, pisang goreng yang sudah matang untuk kegiatan menjepit dengan
jepitan kue
A.
KEGIATAN
FISIK (07.30 – 07.45)
1. Lompat
Tali
B.
PEMBUKAAN
(07.45 – 08. 15)
1. Penerapan
SOP Pembukaan
2. Mengenalkan
aturan bermain
3. Berdiskusi
tentang warna, rasa buah pisang, manfaat buah pisang untuk pencernaan
4. Berdiskusi
tentang manfaat buah pisang untuk dijadikan makanan sederhana
5. Berdiskusi
tentang kegiatan yang akan dilakukan dan mempersilakan anak memilih kegiatan
yang diminati
C.
INTI
(08.15 – 09.15 )
1. Anak
mengamati :
Buah Pisang
2. Anak
menanya :
Diskusi
tentang warna, rasa buah pisang, manfaat buah pisang untuk pencernaan
Diskusi tentang
manfaat buah pisang untuk dijadikan makanan sederhana
3. Anak
mengumpulkan informasi :
Guru memberi dukungan dengan cara menyiapkan buah pisang
1. Anak
menalar :
Anak dapat mengetahui warna, rasa buah pisang, manfaat
buah pisang untuk pencernaan, dan manfaat buah pisang untuk dijadikan makanan
sederhana
2. Anak
mengkomunikasikan :
Kegiatan 1 :
mengupas pisang
Kegiatan 2 :
memotong buah dengan pisau kue
Kegiatan 3 :
menakar air ke dalam gelas untuk adonan
Kegiatan 4 : mengaduk adonan
Kegiatan 5 : menjepit
dengan jepitan kue
Recalling
1. Menanyakan
kegiatan apa saja yang dimainkan anak
2. Menguatkan
konsep tentang warna, rasa buah pisang, manfaat buah pisang untuk pencernaan
3. Menguatkan
konsep tentang manfaat buah pisang untuk dijadikan makanan sederhana
D.
PENUTUP
(09.15 – 10.00)
1. Penerapan
SOP Makan Bersama
2. Menanyakan
perasaan anak selama hari ini
3. Berdiskusi
kegiatan apa saja yang dimainkan, mainan apa yang paling disukai
4. Bercerita
pendek berisi pesan pesan
5. Menginformasikan
kegiatan untuk esok hari di sentra agama yaitu berwudhu, sholat dhuha,
melafalkan doa sehari hari (sebelum makan, sesudah makan, sebelum tidur, bangun
tidur) dan surat al–ikhlas, bermain
ABACA hijaiyah
6. Memberikan
tugas kepada anak untuk bertanya kepada orang tentang bagian dari pohon pisang
7. Penerapan
SOP Penutup
E.
RENCANA
PENILAIAN
1. Indikator
Penilaian
Program
Pengembangan
|
KD
|
Indikator
|
Nilai Agama dan Moral
|
· 1.1
· 3.1
– 4.1
|
· Anak
mampu mengetahui bahwa Tanaman Ciptaan Tuhan
· Anak
mampu berdoa sebelum dan sesudah makan
|
Fisik Motorik
|
· 3.3
– 4.3
|
· Anak
mampu mengkoordinasi tangan dan mata untuk mengupas, memotong buah pisang,
menakar air, mengaduk, dan menjapit
|
Kognitif
|
· 3.8
– 4.8
|
· Anak
mampu mengetahui macam – macam
buah
|
Sosial Emosional
|
· 2.6
|
· Anak
senang mengikuti aturan
|
Bahasa
|
· 2.13
|
· Anak
terbiasa berbicara santun
|
Seni
|
· 3.15
– 4.15
|
· Lagu
“Pepaya, Mangga, Pisang, Jambu”
|
Mengetahui
Kepala
PAUD
.................
|
Pendidik
.........................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar